• GAS AMMONIA (NH3) INDUSTRI (100%)

    GAS AMMONIA (NH3) INDUSTRI

  • GAS AMMONIA (NH3) INDUSTRI (100%)

    GAS AMMONIA (NH3) INDUSTRI

  • GAS AMMONIA (NH3) INDUSTRI (100%)

    GAS AMMONIA (NH3) INDUSTRI

  • GAS AMMONIA (NH3) INDUSTRI (100%)

    GAS AMMONIA (NH3) INDUSTRI

  • GAS AMMONIA (NH3) INDUSTRI (100%)

    GAS AMMONIA (NH3) INDUSTRI

  • GAS AMMONIA (NH3) INDUSTRI
  • GAS AMMONIA (NH3) INDUSTRI
  • GAS AMMONIA (NH3) INDUSTRI
  • GAS AMMONIA (NH3) INDUSTRI
  • GAS AMMONIA (NH3) INDUSTRI
< =

GAS AMMONIA (NH3) INDUSTRI

0

GAS AMMONIA (NH3) INDUSTRI

Untuk pemesanan produk-produk Gas Industri di Harizco.com melalui Whatsapp : 0813-8177-2427

Amonia adalah gas yang tajam dan tidak berwarna. Ini dapat dikompresi dan didinginkan menjadi cairan tidak berwarna. Amonia cair lebih ringan dari air.

Gas amonia adalah gas tidak berwarna dengan bau menyengat dan menyesakkan pada suhu dan tekanan normal. Ini dapat dikompresi dan didinginkan menjadi cairan tidak berwarna. Desainnya yang unik menjadikannya solusi ideal untuk pendinginan, pendinginan penyerapan, pengolahan air umpan boiler dan banyak proses industri seperti pencegahan oksidasi, kontrol pH, pelunakan air, dan pemurnian umum.

Gas amonia adalah solusi ideal untuk pendinginan, pendinginan penyerapan, pengolahan air umpan boiler dan banyak proses industri seperti pencegahan oksidasi, kontrol pH, pelunakan air dan pemurnian umum.

Amonia bertindak sebagai gas pendingin, dan bahan baku untuk berbagai bahan kimia lainnya.

Pada suhu kamar dan tekanan atmosfer, amonia adalah gas yang tajam dan tidak berwarna. Ini dapat dikompresi dan didinginkan menjadi cairan tidak berwarna. Amonia cair lebih ringan dari air. Amonia adalah bahan kimia yang sangat reaktif.

Amonia digunakan secara luas dalam industri pupuk menghasilkan bahan padat seperti garam amonium, garam nitrat, dan urea. Digunakan dalam sistem absorpsi dan kompresi, amonia adalah refrigeran mekanis tertua, paling efisien dan ekonomis yang diketahui. Amonia atau amonia terdisosiasi digunakan dalam operasi pengolahan logam seperti nitriding, carbo-nitriding, bright annealing, furnace brazing, sintering dan aplikasi lain di mana atmosfer pelindung diperlukan).

Gas amonia adalah gas tidak berwarna dengan bau menyengat yang umum di industri pendingin dan pupuk. Bentuk cairan tidak berwarna tersedia pada suhu dan tekanan kamar, yang memiliki fungsi khusus: Pendinginan, pendinginan absorpsi, dan pengolahan air umpan boiler.

Gas Amoniak adalah zat cair yang tidak berwarna dan tidak berbau. Dan pada suhu dan tekanan normal, itu adalah gas.

Gas amonia adalah gas yang tidak berbau, dengan titik beku yang sangat rendah. Itu menjadikannya solusi ideal untuk banyak proses pertanian dan industri.

Tidak hanya berfungsi sebagai bahan baku untuk produksi peralatan pendingin, tetapi juga digunakan dalam sistem pendingin. Gas amonia telah melampaui apa yang semula dimaksudkan, dan sekarang banyak industri memanfaatkan sifat uniknya.

Gas amonia adalah zat pendingin alami yang tidak beracun. Selama lebih dari 60 tahun, gas amonia telah menjadi bahan pendingin gas terkemuka di dunia.

Zat Amonia biasanya digunakan sebagai obat obatan, bahan campuran pupuk urea (CO(NH2)2) dan ZA (Zwvelamonia) ((NH4) 2SO4), bahan pembuatan amonium klorida(NH4Cl)pada baterai, asam nitrat (HNO3), zat pendingin, membuat hidrazin (N2H4)sebagai bahan bakar roket, bahan dasar pembuatan bahan peledak, kertas pelastik, dan detergen dan jika dilarutkan kedalam air maka zat tersebut akan dapat menjadi pembersih alat perkakas rumah tangga.

Tidak ada satu gas adalah segalanya bagi kita semua. Berikut adalah beberapa manfaat yang membuatnya ideal untuk banyak aplikasi: (I) Tidak berwarna, tidak mudah terbakar, tidak beracun dan tidak berbahaya bagi lingkungan; (II) Stabil terhadap oksidasi dan aman untuk penggunaan di dalam ruangan dalam sistem pemanas dan pendingin; (III) Kompatibel dengan refrigeran amonia dan klorin, tidak korosif terhadap bahan dan dapat digunakan dalam aplikasi perpindahan panas.

Gas amonia adalah gas yang dapat terurai secara hayati secara universal dengan daya pendinginan lebih dari 200 lbs refrigeran per ton (tergantung pada aplikasi pendinginan Anda). Ini ideal untuk digunakan dalam sistem berpendingin udara yang baru dan canggih, serta sistem lama dan kurang efisien. Ini juga merupakan alternatif yang aman bagi teknisi HVAC karena tidak beracun dan tidak korosif.

Gas amonia sangat bagus untuk siapa saja yang ingin menghemat tagihan pendinginan mereka, sambil melakukan bagian mereka untuk lingkungan. Gasnya yang tidak beracun dan tidak korosif aman digunakan oleh teknisi HVAC dan tidak mengandung CFC atau HCFC jika digunakan sesuai petunjuk.

Aman, efektif, dan efisien, gas amonia dapat digunakan dalam sistem baru dan lama dan memperkuat efisiensi sistem Anda.

Gas amonia menawarkan Anda kemampuan untuk merevolusi sistem pendingin udara Anda. Anda dapat menjadi lebih hemat energi, meningkatkan kinerja chiller, dan menghemat biaya energi. Amonia gas kami adalah agen pendingin alami, kuat dan efisien. Gas amonia, dibentuk dengan menggabungkan bahan pupuk dan udara. Ini mendingin lebih baik daripada refrigeran apa pun.

Selama lebih dari 50 tahun, teknologi pendinginan gas amonia kami telah membantu menjaga bisnis di seluruh dunia tetap sejuk dan efisien - menggunakan lebih sedikit energi dan air. Dengan amonia, Anda dapat menghemat energi, mencegah korosi dan kontaminan, serta mengoptimalkan peralatan Anda. Kami memberikan produk yang berkualitas dan bertujuan untuk melakukannya dengan nilai yang besar bagi pelanggan kami. Gas Amonia adalah gas pendingin dan bahan baku untuk berbagai macam bahan kimia lainnya.

MANFAAT GAS AMMONIA DALAM DUNIA INDUSTRI

Amonia adalah salah satu jenis senyawa kimia yang secara alami ada di alam dantubuh kita. Senyawa amonia terdiri dari satu atom nitrogen dan tiga atom hidrogenyang masing-masing berikatan kovalen dengan aton N. Senyawa amonia mempunyairumus NH3.

Amonia dapat dijumpai dalam bentuk cair maupun gas. Berikut uraianselengkapnya.

Sifat-Sifat Amonia

Sifat Fisika Amonia

  1. Amonia dalam suhu kamar berwujud gas yang tidak berwarna.
  2. Memiliki bau yang sangat menyengat dan mempunyai rasa seperti logam alkaliatau sabun. Ketika dihirup bisa membua air mata mengalir.
  3. Lebih ringan dari udara sehingga akan bergerak ke atas pada keadaan normal.Gas ini sering jatuh ke bawah dan terakumulasi bersama air hujan.
  4. Amonia larut dalam air. Perbandingannya 1 liter air berbanding dengan 1300liter volume gas amonia. Karena kelarutannya dalam air sangat tinggi gas ini jarang dijumpai di atas permukaan air.
  5. Gas amonia dapat dengan mudah diubah wujudnya ke cair denganmengkondisikannya pada tekanan 8 sampai dengan 10 atmosfer (atm).
  6. Gas amonia mendidih pada suhu 239º K (-35º C) pada tekanan 1 atm.

Struktur Senyawa Amonia

Senyawa amonia adalah senyawa dengan ikatan kovalen. Coba sobat perhatikanstruktur titik pada gambar diatas, unsur N dan H masing masing berikatan dengansaling menggunakan pasangan elektron yang sama (selengkapnya ikatan kovalen).Jika dilihat dari bentuk molekulnya, amonia terbentuk dari tumpang tindih tiga buahorbital sp3 hibrida dan tiga orbital hidrogen. Bentuk molekul amonia adalah primidatrigonal seperti tampak pada gambar di atas.

Sifat Kimia Amonia

Stablilitas Termal

Amonia termasuk senyawa yang sangat stabil. Akan tetapi ia masih dapat diuraikanatau didekomposisi menjadi unsur nitrogen dan hidrogen dengan katalis logam panasdan dialiri arus listrik. Reaksinya

Sifat Gas Ammonia

Gas Ammonia adalah senyawa nitrogen dan hidrogen dengan rumus kimia NH3.

Dari sisi volume produksi dunia, amonia menempati posisi nomor 2 tertinggi setelah asam sulfat.

Menurut data yang dirilis oleh International Fertilizer Association tahun 2014, tahun 2018 ini volume produksi amonia diperkirakan naik sampai 200 juta ton per tahun.

Sementara itu data tahun 2016 yang dirilis oleh US Geological Survey, total produksi amonia dunia mencapai 146 juta ton. Indonesia – sebagai salah satu produsen amonia – berada di urutan ke-5 besar dunia.

Pada tahun 2030 nanti, diperkirakan total produksi amonia di dunia mencapai 289.8 juta ton, seperti dipublikasikan oleh Statista. 

Dari jumlah produksi dunia sebanyak itu, 80-85% amonia digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk. 

Selain digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk, masih banyak kegunaan amonia dalam industri.

Manfaat gas ammonia dalam dunia industri

Berikut ini adalah daftar kegunaan amonia dalam industri:

  1. Kegunaan amonia dalam industri yang paling utama adalah sebagai bahan baku pembuatan pupuk, antara lain urea, amonium fosfat, amonium nitrat, dan kalsium amonium nitrat.
  2. Amonia digunakan pula pada proses pengolahan logam, seperti pada proses nitridingcarbonitridingbright annealingfurnace brazingsintering, dan lain-lain.
  3. Anda tentu sudah tahu asam nitrat bukan? Nah, ternyata asam nitrat diproduksi dengan menggunakan amonia sebagai salah satu bahan bakunya.
  4. Beberapa jenis plastik seperti polyurethane dan phenolic juga dibuat dari amonia.
  5. Pada industri perminyakan, amonia dimanfaat untuk menetralkan senyawa-senyawa asam yang masih tercampur dalam minyak mentah dan sebagai bahan kimia untuk mencegah korosi pada peralatan.
  6. Industri pertambangan juga memanfaatkan amonia dalam proses produksinya, yaitu untuk mengekstraksi logam tembaga, nikel dan molybdenum dari bijihnya.
  7. Dalam bidang pengolahan air, amonia berperan sebagai pengontrol tingkat keasaman atau pH.
  8. Dalam bidang pengendalian pencemaran udara, amonia banyak pula dimanfaatkan untuk menangkap senyawa oksida sulfur yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar yang mengandung sulfur.
  9. Anda tentu tahu bagaimana pentingnya mesin pendingin seperti chiller atau refrigerator, bukan? Nah, pada industri makanan, petrokimia dan minuman, amonia digunakan sebagai refrigerant pada mesin chiller atau refrigerator.
  10. Pada industri karet, amonia dimanfaatkan sebagai bahan kimia untuk stabilisasi lateks alam dan sintetis untuk mencegah terjadinya koagulasi prematur.
  11. Industri kertas dan pulp menggunakan amonia pada proses pembuatan pulp dari kayu dan sebagai dispersant pada proses coating produk kertas.
  12. Pada industri kulit, amonia dimanfaatkan sebagai curing agent, mencegah munculnya slime dan mold, serta sebagai bahan pelindung kulit.
  13. Beberapa produk-produk pembersih menggunakan amonia sebagai salah satu bahan di dalamnya, tapi dalam konsentrasi yang rendah.
  14. Amonium hidroksida – yang juga merupakan produk bahan kimia pembersih – juga  diproduksi dari amonia.
  15. Pada proses pengolahan kayu, amonia dan hidrogen peroksida digunakan untuk proses pemutihan kayu.
  16. Selain kegunaan di atas, amonia – seperti dikutip dari chemicalsafetyfacts.org – juga digunakan pada proses produksi produk farmasi, pestisida dan zat pewarna.

Fungsi Gas Amonia dalam Kehidupan Sehari-hari

Gas amoniak memiliki fungsi dan peran penting dalam kehidupan. Apalagi dengan dunia industri yang semakin berkembang. Gas ini diproduksi secara besar-besaran. Beberapa fungsi gas yaitu:

  • Sebagai campuran dalam industri pupuk untuk pembentukan pupuk dari urea (CO (NH2) 2) dan ZA ((NH) 2SO4).
  • Gas amonia digunakan dalam industri baterai sebagai bahan baku pembentukan amonium klorida (NH4Cl) dan asam sitrat (HNO3) sesuai dengan proses Ostwald.
  • Gas amonia digunakan sebagai refrigeran di lemari es, freezer atau lemari es.
  • Gas amonia membentuk hidrazin N2H4 sebagai bahan bakar roket dan peledak.
  • Beberapa industri plastik juga menggunakan gas amoniak sebagai bahan bakunya. Plastik yang digunakan saat ini untuk berbagai keperluan terbuat dari polietilen dan fenol.
  • Memanfaatkan sifat gas amonia yang larut dalam air, larutan dimurnikan dengan 5 sampai 10% amonia. Larutan ini digunakan sebagai pembersih, pembersih rumah tangga, pembersih furnitur, dan pembersih kaca.
  • Industri pengerjaan logam juga menggunakan gas amonia. Amonia mengekstrak dan memisahkan tembaga, nikel dan molibdenum dari bijinya.
  • Dalam industri oli, amonia digunakan tidak hanya sebagai campuran bahan bakar roket, tetapi juga untuk mencegah korosi saat mesin bersentuhan dengan bahan bakar.

Manfaat Amonia

Meski memiliki bau menyengat yang tidak disukai banyak orang, amonia ternyata memiliki banyak manfaat yang sangat penting. Berikut ini adalah di antaranya.

  • Amonia sangat mudah larut dalam air dalam suatu larutan, sehingga banyak digunakan sebagai bahan pembersih baik untuk peralatan memasak maupun peralatan rumah tangga.
  • Amonia merupakan komponen utama dalam produksi rayon dan urea.
  • Zat ini juga digunakan untuk membentuk pupuk seperti urea, amonium nitrat, amonium sulfat, dll.
  • Dalam industri furnitur, amonia digunakan sebagai pembersih furnitur dan sebagai pembersih permukaan kaca.
  • Biasanya, ini dapat digunakan sebagai bahan baku untuk produksi asam nitrat menggunakan proses Ostwald.
  • Proses Solvay membutuhkan amonia untuk membuat natrium karbonat.

HUBUNGI TEAM MARKETING KAMI:

Email : info.harizco@gmail.com

WA    : 0813-8177-2427


Related Products

Lihat juga